APA YANG DIMAKSUD KHUFAUR RASYIDIN“Pemerintahan sangat mungkin dipengaruhi oleh agama, namun agama tidak bisa dipengaruhi oleh sebuah pemerintahan.”

Pemikiran politik barat sangat mendominasi pergolakan politik di dunia dimana politik dan agama tidak dapat disatukan, namun terdapat perbedaan yang cukup signifikan ketika membicarakan tentang banyak juga Negara yang menerapkan sistem perpolitikan islam dalam pemerintahannya yang justru agama dijadikan dasar dan tonggak dalam berpolitik. Alqur’an dan hadist dijadikan landasan penerapan kebijakan dan hukum Negara.

Ajaran perpolitikan sebenarnya sudah ada sejak zaman Rasulullah dimana penyebaran Islam dilakukan oleh nabi Muhammad S.A.W. yang diyakini sebagai agama yang sempurna mengatur semua aspek kehidupan baik dari urusan yang paling sederhana hingga urusan perpolitikan. Pergolakan perpolitikan Islam sebenarnya sudah terjadi setelah meninggalnya nabi Muhammad S.A.W yang kemudian berubah menjadi masa pemerintahan khulafa ur-rasiddin yaitu pemimpin pengganti rasulullah yang menjadi awal perpolitikan islam di dunia. Dari awal pemerintahannya, sudah terjadi konflik antar kaum yang sama-sama beragama islam, hingga pada akhir pemerintahan terjadi perang yang menimbulkan banyak korban.

Diawali dengan pemerintahan Abu Bakar Ash-shiddiq yang berasal dari kaum Muhajirin. Beliau dipilih oleh Rasulullah karena merupakan orang kepercayaannya. Namun, didalam negeri bangsa Arab tidak mau tunduk kepada pemerintahannya, karena mereka beranggapan bahwa perjanjian yang dibuat dengan Nabi Muhammad SAW, dengan sendirinya batal setelah Nabi SAW wafat dan apakah Abu Bakar hanya sebagai seorang  kepala pemerintahan atau sekaligus sebagai pemimpin agama.  Hal ini ditandai dengan perseteruan yang keras antara kalangan Muhajirin yang beretnis Quraisy yang merasa sebagai pembela islam pertama dengan kaum Anshor yang  merasa memiliki tanah  air  Islam  pertama. Karena sikap keras kepala dan penentangan mereka dianggap bisa membahayakan agama dan pemerintahan Islam, Abu Bakar memerangi mereka sehingga terjadi perang Riddah.

Kemudian dilanjutkan dengan kepemimpinan Umar bin Khattab yang dipilih dengan maksud untuk mencegah kemungkinan terjadinya perselisihan dan perpecahan di kalangan umat Islam. Ia bermusyawarah dengan para pemuka sahabat, kemudian mengangkat Umar ibn Khatthab sebagai penggantinya.

Di masa pemerintahannya, banyak terjadi perubahan sistem pemerintahan yang disebabkan oleh cepatnya penyebaran islam di kawasan timur tengah. Namun, terbunuhnya Umar mengakhiri masa pemerintahannya yang kemudian di lanjutkan oleh Utsman bin Affan.

Pada saat itu usia Utsman sudah cukup  tua, hal tersebut kemudian dimanfaatkan oleh kerabat  dekat Utsman  untuk  mempengaruhi  roda  pemerintahan dengan menduduki posisi penting di pemerintahan. Kondisi nepotisme yang terjadi mengakibatkan timbulnya banyak fitnah yang disebarkan oleh Abdullah bin Saba’. Utsman dianggap hanya menyandang gelar Khalifah tanpa mampu berbuat banyak dan terlalu lemah terhadap keluarganya. Dan akhirnya Utsman terbunuh oleh kaum pemberontak yang terdiri dari orang-orang yang berhasil dihasut oleh Abdullah bin Saba’.

Setelah kematian Utsman, masyarakat beramai-ramai membaiat Ali bin Abu Thalib sebagai Khalifah. Beliau memecat semua mentri di pemerintahan yang merupakan keluarga Utsman karena dianggap tidak mampu Namun,  Konflik politik  berkepanjangan berkaitan dengan pembunuhan Utsman,  menjadikan   sebab timbulnya  perang  saudara di sesama Muslim. Saat itu, Aisyah istri Rasulullah  menuntut Ali untuk menghukum para pembunuh Utsman sebagai bela terhadap darah Utsman. Namun Ali menolak dengan alasan ingin menghindari perang. Akibatnya terjadi perang Jamal yang juga dipimpin oleh Aisyah untuk melawan Ali.

Dalam peristiwa inilah ide-ide pemikiran politik islam mulai dibangun, perbedaan kepentingan aqidah  dipolitisir  lebih   jauh menjadi sebuah kepentingan politik. Dinamika politik inilah yang kemudian  melahirkan  mazhab  politik  Islam klasik yang terbagi dalam tiga mazhab besar; yakni :

  • Sunni yaitu kelompok pembela Ali bin Abu Tholib.
  • Syi’ah yaitu kelompok pembela Aisyah.
  • Khawarij yaitu kelompok yang menentang terjadinya peperangan antara Sunni dan Syi’ah.

Pada dasarnya politik pemerintahan islam di zaman Khulafa Ur-Rasiddin sama-sama ingin mencapai tujuan yang sama yaitu menyebarkan islam dan menjadikan islam sebagai tolak ukur pemerintahan. Namun sayangnya setiap khulafa memiliki karakter masing masing dalam pemerintahannya. Baru kemudian Islam memasuki masa kekhalifahan yang tidak lagi terpusat di Madinah, melainkan berpindah ke Damaskus (Umayyah), Baghdad (Abbasiyah), dan Turky (Turky Ustmani). Dan pada masa ustmani dikenal sebagai keruntuhan kekhalifahan Islam.

Agama islam merupakan salah satu agama yang penyebarannnya terluas di dunia. Dengan penyebaran tersebut menyebabkan banyak terjadi diviasi informasi tentang ajaran islam. Hal ini bisa dilihat di setiap Negara Islam di dunia, setiap Negara atau setiap daerah memiliki kekhasan tersendiri yang sangat mungkin berbeda dengan daerah atau Negara islam yang lainnya. Hal itu disebabkan karena agama islam sudah tersebar sejak lama yang disebarkan oleh banyak ulama dan juga ikut beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Oleh karena diviasi tersebut, banyak kesalahpahaman yang terjadi karena kesalahan dalam menafsirkan sejarah. Kebanyakan orang berfikir berhijab, bersorban, dan atribut lainnya mempersepsikan orang islam. Dan mengesampingkan nilai dari ajarannya. Bahkan mayoritas masyarakat dunia berpendapat bahwa islam identic dengan terorisme.

Dari berbagai peristiwa diatas, dapat disimpulkan bahwa Politik pemikiran Islam menjadi penting sebagai satu studi yang membahas dan meneliti kejadian masa lalu untuk mengetahui pengaruhnya terhadap perpolitikan islam saat ini yang terus mengalami perkembangan. Serta agar persepsi-persepsi negative terhadap islam dapat dijawab dengan benar dengan melihat islam dari awal sejarahnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s