200px-Ibnu_taimiyahBanyak sekali pemikir politik islam yang pemikirannya bisa dilihat disituasi perpolitikan saat ini. Bisa diliat dari sejarah hidup Ibnu taimiyyah yang hidup pada masa pemerintahan abasiyah dimana saat itu terjadi chaos. Yang berwujud terjadinya kerenggangan hubungan antar kaum sehingga kekuatan Islam saat itu menjadi melemah dan dengan mudah kontervensi asing masuk ke dalam negeri. Berupa fitnah serta adu domba yang ditujukan pada umat.

Di kaum elit politik pun demikian, tidak mempercayai satu sama lain. Meskipun pemimpin pada masa itu beragama islam, namun ia tidak amanah menjalankan mandatnya. Sehingga karena hal tersebut, Ibnu taimiyyah berfikir bahwa lebih baik memiliki pemimpin kafir daripada memiliki pemimpin muslim tapi tidak amanah. Pemikiran-pemikirannya tersebut tidak luput dari protes para ulama saat itu yang menganggapnya telah melenceng dari syariat islam.

Pemikiran-pemikiran kritis Ibnu taimiyah tidak bisa dipisahkan dari sejarah hidupnya. Iya merupakan anak yang terlahir dari keluarga yang religious.   Ayahnya seorang syaikh, hakim, dan khatib sedangkan kakeknya  seorang ulama yang menguasai fiqih, hadits, tafsir, ilmu ushul dan penghafal Al Qur’an. Mungkin hal ini pula yang mempengaruhinya menjadi anak yang pintar terutama dalam bidang agama seperti pepatah yang mengatakan “Buah tidak jatuh jauh dari pohonnya.” Bahkan Ibnu taimiyyah sudah bisa menghafal Al-quran pada umur 7 tahun.

Ia merupakan pendiri faham Salafi yang hidup pada abad ketujuh hijriyah.  Dalam banyak tulisan dan pidatonya, banyak sekali pemikiran-pemikiran yang oleh para ulama dinyatakan menyimpang dan sesat. Dalam banyak kasus, saat ditanya banyak hal, dia memberikan jawaban yang tidak Islami. Para ulama di zaman itu meyakini bahwa Ibnu Taimiyah dan pemikirannya sangat berbahaya bagi umat Islam. Dengan demikian dia dinasehati dan dipaksa secara tidak langsung untuk mengubah statementnya tersebut. Namun, nasehat dan argumentasi ulama kepadanya tidak membuatnya mengubah pandangan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s